Yugioh - Aturan Basic Permainan

21 Nov 2011

yu-gi-oh-1Berikut adalah petunjuk untuk pemula dalam permainan ini.

1. Apa itu Duel? Bagaimana permulaannya?

Duel adalah satu permainan” antara Anda dan lawan. Tujuan sebuah Duel adalah untuk menang, dan ada berbagai cara untuk melakukannya. Cara yang paling umum adalah untuk mengurangi Life Point lawan ke nol, sebelum mereka melakukan hal yang sama kepada Anda. Cara lain termasuk efek kartu, dan kehabisan kartu di Deck Anda.

Dalam sebuah Duel, tiap pemain mulai dengan 8000 Life Point. Prasyarat bagi pemain untuk berpartisipasi dalam Duel adalah Deck Utama yang terdiri dari 40-60 kartu.

Untuk memutuskan siapa yang pergi pertama Anda dapat:

* Toss koin
* Bermain Rock-Paper-Scissors
* Gulung mati

Pemenang memutuskan siapa yang pergi duluan. Kedua pemain kemudian mengambil 5 kartu. Pemain yang pergi pertama kemudian menarik kartu tambahan selama Draw Phase, dan memulai gilirannya. Siapa yang pertama tidak bisa menjalankan Battle Phase mereka giliran itu.


2. Menang, Kalah dan Seri

Ada banyak cara untuk menang dan kalah Duel.

Anda bisa menang dengan cara sebagai berikut:

* Mengurangi Life Point lawan ke nol.
* Memaksa lawan untuk Deck out, yaitu kehabisan kartu yang akan ditarik.
* Efek kartu tertentu memungkinkan Anda untuk memenangkan sekali kondisi tertentu terpenuhi.
* Perakitan semua lima kartu “Exodia the Forbidden One”.

Sebaliknya, Anda bisa kalah Duel jika lawan Anda melakukan hal diatas kepada Anda.

Seri dalam duel sedikit berbeda. Cara yang paling umum untuk seri adalah Life Point kedua pemain untuk mencapai nol secara bersamaan, seperti dengan “Ring of Destruction atau “Self-Destruct Button”.

3. Macam kartu

Ada berbagai jenis kartu di permainan ini dan terbagi dalam tiga tipe dasar.

a. KartuMonster adalah andalan setiap Deck , dan rata-rata jenis yang paling banyak dari kartu Anda yang akan Anda gunakan. Kartu Monster biasanya diurutkan berdasarkan Jenis, Atribut, ATK Tingkat, dan DEF, serta kategori mereka sendiri, yang akan dijelaskan kemudian.

b. Kartu Spell/Magic adalah khas “dukungan” kartu, dengan fokus pada membantu Anda, dan / atau meningkatkan Monster atau kartu lain yang Anda kontrol, tapi ini tidak selalu terjadi.
Berbagai jenis Kartu Eja akan dijelaskan nanti.

c. Kartu Trap berfungsi menjaga lawan. Kebanyakan dari kartu ini berguna untuk menghalangi lawan Anda, tetapi itu tidak semuanya. Berbagai jenis Kartu Perangkap akan dijelaskan nanti.

4. Monster Card (kartu monster)

  • Normal Monster

Kartu ini tidak mempunyai efek khusus. Sering disebut sebagai vanilla, karena text yang diberikan pada kartu hanyalah sebagai pelengkap/pemanis yang tidak memiliki efek apapun. Biasanya memiliki warna dasar berwarna Kuning

  • Effect Monster



Berbeda dengan kartu Normal Monster, kartu ini mempunyai text yang berarti memberikan keterangan tentang efek khusus dari kartu tersebut.

  • Spirit Monster

Kartu ini dianggap Effect Monster, hanya saja perbedaan dari kartu lainnya saat End Phase (giliran berakhir) harus dikembalikan ke tangan dan harus di-Summon lagi supaya berada di arena, kecuali dengan efek kartu Mirror of Yata atau Izanagi.

  • Union Monster

Kartu ini sama seperti Effect, namun efek khususnya dapat dijadikan sebagai Equip Spell Card. Saat dijadikan Equip, efek pada kartu tersebut aktif dan jika kartu monster itu musnah, sebagai gantinya Union monster yang musnah.

  • Gemini Monster

Kartu tipe ini dianggap merupakan kartu monster normal tanpa efek, walau sebenarnya mempunyai efek (dengan di Normal Summon sekali lagi), saat berada di tangan, kuburan dan deck apabila belum di summon dua kali, dan akan mendapatkan efek/menjadi effect monster card sesuai dengan yang tertera di teks pada kartu tersebut setelah di summon lagi

  • Divine Monster

(dalam permainan sesungguhnya, kartu tipe ini tidak bisa dipakai, karena kartu dengan tipe ini adalah God Cards, dan God Cards merupakan kartu yang tidak bisa dipakai dalam Duel, hal ini tertulis pada kartu God Cards itu sendiri)

Pada sekitar tahun 2009 Obelisk the Tormentor dan sekarang Ra sudah memiliki versi legal yang diperbolehkan untuk dipakai dalam permainan, dengan kondisi yang dibatasi (lebih lemah) tidak sekuat pada seperti pada versi anime/manga. (Namun untuk Osiris/Slifer belum ada konfirmasinya.)

Pada bulan November-Desember 2010, muncul kartu dari anime Yu-Gi-Oh 5D!, yaitu Polar God (Thor, Odin, Loki) yang diadaptasi dari mitologi Nordik yang juga berattribut DIVINE, tapi hanya pada anime, sedangkan kartu sungguhannya tidak memiliki attribut DIVINE, melainkan hanya kartu monster efek biasa

  • Tuner Monster

jenis kartu baru yang diperkenalkan dalam dunia YGO 5D, kartu tipe ini adalah kartu monster, baik normal maupun effect dan merupakan bahan persyaratan yang dibutuhkan untuk memanggil Monster Synchro. Untuk memanggil Synchro, baik tuner maupun monster material harus berada dalam posisi face-up)
  • Ritual Monster

kartu monster yang dipanggil dengan Ritual Spell tertentu. Kartu Ritual memerlukan pengorbanan kartu baik di field dan tangan hingga levelnya mencukupi (bisa lebih meski ada beberapa kartu yang harus pas, misalnya Demise King of Armageddon) memiliki warna ungu sebagai dasarnya

  • Fusion Monster

Kartu hasil Fusion Summon (teknik special summon menggunakan spell card khusus fusion) satu monster dengan monster lain dari field maupun tangan. Ditaruh di Extra deck dalam keadaan face-down.

  • Synchro Monster

Jenis kartu baru yang diperkenalkan dalam dunia YGO 5D, kartu tipe ini mempunyai ciri pinggirannya adalah berwarna putih, ditaruh di Extra (Fusion) Deck. Monster Synchro merupakan monster yang hanya dapat di Special Summon dengan mengirim tuner dan 1 atau lebih monster lainnya yang bukan tuner dan harus mempunyai jumlah bintang yang sama seperti Synchro yang akan dipanggil, tidak bisa lebih atau kurang. Bisa dibilang semacam gabungan dari Fusion dan Ritual.


5. Spell Card (kartu sihir)

  • Normal Spell
Kartu ini hanya dapat berfungsi sekali saja dan akan menuju graveyard setelah efeknya keluar.
  • Quick-Play Spell (memiliki ciri adanya tanda seperti petir)
Kartu ini bisa digunakan langsung atau ditutup dan tidak bisa digunakan sebelum melewati satu putaran (seperti Trap). Bisa diaktifkan saat berada di tangan saat putaran sendiri. Bisa dipakai saat battle phase dari tangan. - Spell Speed 2
  • Field Spell

Kartu ini biasanya berpengaruh pada kedua pemain. Biasanya efeknya meningkatkan atau menurunkan sata monster di arena.

  • Continuous Spell (memiliki ciri adanya tanda infinity)
Kartu ini biasanya selalu berada di arena saat diaktifkan dan efek akan terus terjadi berulang-ulang. Kartu ini hanya akan musnah oleh efek khusus kartu lain.
  • Equip Spell (memiliki ciri ada tanda +)
Kartu ini biasanya menambah ATK atau DEF dan dapat digunakan pada monster lawan. Namun saat ini banyak Equip Card dapat menjadi kartu penhancur monster. Equip ini berbeda dengan monster yang dengan efek khusus, dapet berubah menjudi equip (Union Monster)

6. Trap Card (kartu jebakan)

Kartu ini hanya bisa digunakan setelah ditutup selama setidaknya 1 putaran dan bisa digunakan saat giliran musuh juga.

  • Normal Trap
Kartu ini hanya dapat berfungsi sekali saja dan akan menuju graveyard setelah efeknya keluar.
  • Continuous Trap (memiliki ciri ada tanda infinity)
Kartu ini biasanya selalu berada di arena saat diaktifkan dan efek akan terus terjadi berulang-ulang. Kartu ini hanya akan musnah oleh efek khusus kartu lain.
  • Counter Trap (memiliki ciri ada tanda panah berbelok ke kiri)
Kartu ini untuk membalikan serangan atau efek dari Spell atau Trap, kartu Counter Trap hanya bisa dibalas oleh sesama Counter Trap (Spell Speed 3).

7. Fase giliran

  • Draw Phase = Fase menarik kartu.
  • Standby Phase = Fase persiapan giliran, efek-efek kartu tertentu ada yang berlangsung pada fase ini.
  • Main Phase 1 = Fase untuk summon atau set monster, mengaktifkan spell card dan menaruh reverse card.
  • Battle Phase = Fase penyerangan.
  • Main Phase 2 = Seperti main phase 1 namun waktunya setelah battle selesai dilakukan.
  • Turn End = Giliran berakhir.


TAGS Yugioh


-

Author

Follow Me