Bermain tapi Bisa Pintar?

10 Jul 2011

dotaDi dunia ini banyak sekali permainan yang bisa menjadi hiburan bagi kita jika sedang suntuk. Namun hanya sedikit permainan yang dapat memberi manfaat lebih bagi kita, khususnya manfaat dalam bidang ilmu pengetahuan dan pelajaran. Hal itu yang menjadikan kita harus selektif dalam memilih hiburan yang bermanfaat bagi kita, jangan justru memilih hiburan yang membuat otak kita tumpul dan kurang berprestasi di sekolah.

Salah satu permainan “bikin pinter”yang akan saya bahas berikut ini adalah DoTA atau Defense of the Ancients. Defense of the Ancients (atau disingkat DotA) adalah sebuah custom map (peta buatan) untuk permainan komputer buatan Blizzard berjudul Warcraft III:Frozen Throne. Tujuan utama permainan ini adalah untuk menghancurkan “Ancient” musuh, sebuah struktur yang dijaga ketat di pojok kiri bawah atau kanan atas (yang satu untuk sisi sendiri dan yang satu lagi untuk sisi musuh). Kedua sisi yang bertarung adalah The Sentinel (pasukan penjaga) dan The Scourge (pasukan pembinasa). The Sentinel menjaga Ancient bernama Tree of the World (pohon dunia) di pojok kiri bawah, sedangkan The Scourge menjaga Ancient bernama Frozen Throne (tahta yang membeku) di pojok kanan atas.

Kembali ke bahasan semula, kenapa permainan ini dikatakan “bikin pinter”? Berikut beberapa kaitan permainan ini dengan beberapa bidang ilmu pengetahuan dan pelajaran di sekolah.

1. TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi)

Sebagai permainan yang dimainkan di komputer, sudah pastinya permainan ini menjadikan kita semakin mahir di pelajaran ini. Kita pun pastinya akan semakin paham sistem hubungan LAN yang bisa digunakan dalam permainan ini. Sebagai bukti, hampir semua penggemar permainan ini unggul di bidang TIK, khususnya di SMAN 1 Pare, bahkan mereka ada yang termasuk anggota tim web SMANSA.

2. Bahasa Inggris

Seperti permainan pada umumnya, permainan ini menggunakan bahasa inggris. Jadi secara langsung atau tidak langsung bermain game ini dapat meningkatakan kemampuan berbahasa inggris kita (Listening, Pronunciation, Grammar maupun kapasitas vocab yang dikuasai).

3. Matematika dan Fisika

Bidang eksakta juga menjadi manfaat terselubung bagi kita jika memainkan permainan ini. Sebagai tambahan saja, satuan waktu, jarak (range) dan kecepatan pergerakan (movement speed) dalam permainan ini menggunakan satuan dalam sistem cgs, suatu sistem satuan yang kita jumpai pada pelajaran fisika kelas X. Jadi jika dalam permainan ini dikatakan jarak serang (range attack) adalah 600, itu artinya 600 cm atau 6 meter.

Perhitungan matematika juga terdapat pada permainan ini. Berbagai formula terdapat untuk menghitung berbagai hal, seperti jumlah serangan per detik (formula: Attacks per second = (1 + IAS)/BAT ), kekuatan pertahanan (formula: Damage Reduction = ( 0.06 * armor ) / (1 + 0.06 * armor) ), dan lain sebagainya. Hal itu membuktikan permainan ini dibuat dengan perhitungan yang serius dan seimbang. Sebagai bukti lagi, ada juga penggemar permainan ini di smansa yang mempunyai kelebihan di bidang eksakta.

4. Sejarah dan Budaya

Dalam permainan ini diselipkan juga unsur sejarah, mitos dan kebudayaan dari berbagai belahan dunia. Misalkan, nama salah seorang hero dalam permainan DoTA, yaitu Zeus yang merupakan dewa petir dalam mitologi Yunani. Juga Shiva’s Guard, nama item yang merupakan nama salah seorang dewa dalam trimurti Agama Hindu.

zeus


5. Ekonomi

Prinsip ekonomi, yaitu dengan pengorbanan seminimal mungkin untuk mendapatkan keuntungan yang sebesar mungkin. Hal itu mugkin bisa kita temukan dalam permainan ini. Penghitungan yang tepat dapat berpengaruh terhadap item yang kita bawa dan yang berujung pada kemenangan ancient kita. Semakin mahal item yang dibeli, maka semakin mudah kita mencapai kemenangan.

icarus

6. Agama dan Budi Pekerti

Ajaran agama dan budi pekerti yang kita pelajari juga dapat diterapkan dalam permainanan ini. Dalam permainan ini kita juga diajarkan untuk berlatih mengendallikan emosi dan saling menolong antar teman.

Menurut penuturan salah satu penikmat DoTA, awalnya dia sangat tidak suka terhadap permainan DoTA. Dia lebih memilih untuk tidur dari pada harus mendengarkan orang berbicara DoTA. Tapi setelah dia mengetahui secara jelas apa itu DoTA, tak segan-segan dia berani untuk bermain DoTA dan oleh teman-temannya dia sering disebut sebagai dewa DoTA.

Itulah sedikit uraian tentang permainan DoTA, semoga sobat-sobat mau mencoba dan jangan malas belajar. Bermainlah DoTA dan jadilah pintar!!!


TAGS Dota


-

Author

Follow Me