Animation Cancelling Bisa Menghemat Waktu?

25 Jul 2010

Sebelum kita menginjak pada pembahasan animation cancelling,ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu animation dalam DotA. Animation dalm DotA dapat diartikan sbagai perilaku hero yang kita lihat pda waktu hero melakukan attack atau casting spell. Setiap hero mempunyai style yang berbeda-beda pada animation mereka,ada yang mengacungkan tongkatnya,menjulurkan pedangnya,menggerakkan ekornya dan sebagainya.

Animation dalam DotA ada 2,yaitu attack animation dan casting animation:

1. Attack Animation
Attack animation adalah animasi ketika hero melakukan serangan standar. Attack animation ada 2:

a. Attack point animation: Animation ketika hero mulai melakukan serangan standar hingga serangan tersebut terlontar.

b. Attack backswing animation: Animation setelah melakukan serangan hingga hero kembali pada posisi normal.

2. Casting Animation
Casting animation adalah animasi ketika hero melakukan spell apapun (skill maupun item). Casting animation ada 2:

a. Casting point animation: Animation ketika hero mulai melakukan spell hingga spell tersebut keluar.

b. Casting backswing animation: Animation setelah melakukan spell hingga hero kembali pada posisi normal.

Animation dalam attack atau dalam casting spell selalu membutuhkan waktu. Memang hanya sepersekian detik,namun dalam dota banyak hal buruk yang mungkin terjadi dalma tnggag waktu itu. Sepersekian detik cukup untuk membunuh hero dengan laguna balade,finger of death atau dagon. Sepersekian detik juga cukup untuk membuat clinks dan gondar menghilang dengan WWnya.

Namun,ada cara agar kita tidak terpaksa melihat animation ketika hero kita menyerang atau casting spell. Cara itu disebut dengan animation cancelling. Animation canceling harus dilakukan setelah serangan atau spell telah diluncurkan,denan kata lain yang akan kita cancel adalah backswing animation. Karena jika kita lakukan sebelum serangan atau spell dilontarkan (ketika point animation),hal itu akan kemungkinan besar akan menggagalkan serangan atau spell yang akan dilakukan.

Cara melakukan animation canceling sebenarnya tidaklah cukup rumit,kita hanya perlu melakukan order atau command kepada hero kita ketika ada animation. Salah satu carnya adalh right-click di sembarang target atau dengan shortkey keyboard dan click.

Contoh penggunaan animation cancelling

warcry animation cancelling

Ketika sven mengaktifkan warcry segera right-klik di sembarang tempat (misalnya di tnda X di atas). Hal itu akan dapt menghemat waktu sekitar o.5 detik. Ha itu sangat berguna mengingat durasi warcry yang hanya 6 detik.


TAGS Dota


-

Author

Follow Me