Facebook???

17 Feb 2010

Sejarah Singkat Facebook

Facebook diluncurkan pertama kali pada tanggal 4 Februari 2004 oleh Mark Zuckerberg sebagai media untuk saling mengenal bagi para mahasiswa Harvard. Tak lama setelah itu,hampir semua mahasiswa di Harvard menggunakan Facebook. Kemudian Mark menjadikan Facebook agar bisa juga digunakan siswa SMU,lalu pekerja kantoran hingga semua orang yang mempunyai alamat e-mail bisa bergabung di Facebook. Dan Facebook terus berkembang sampai sekarang hingga anggotanya mencapai jutaan seperti sekarang.

Mengenal Fitur-fitur di Facebook dan cara menggunakannya.
Fitur utama yang ada di Facebook adalah fitur yang berada di atas, yaitu Beranda, Profil, Teman, Pesan Masuk, Nama Anda, Pengaturan dan Keluar. (jika saudara kesulitan dengan bahasa inggris, rubah saja dengan bahasa indonesia. Facebook menyediakan Bahasa Indonesia sebagai bahasa Facebook). Berikut ulasan singkat fitur utama Facebook.

1. Beranda
- Klik disini untuk melihat kabar berita mengenai kegiatan apa saja yang baru dilakukan oleh teman anda, seperti Home pada Friendster. Disini anda juga bisa melihat permintaan yang ditujukan untuk anda, letaknya di sebelah kanan.

2. Profil
- Klik untuk melihat profil anda, seperti pada FS. di sebelah kiri adalah informasi mengenai anda berupa foto, situs web, teman, video (jika ada) dan koleksi foto (jika ada)
- Di tengah ada pesan dinding (komentar) yang masuk, serta keterangan kegiatan yang baru saja anda lakukan (anda juga bisa menambahkan foto, video dsb. Di sebelah kanan ada iklan dan group dalam Facebook yang tampil secara acak.
- Kamu lihat sebuah kotak di tengah bertuliskan Anda sedang apa saat ini? ketikkan status anda lalu klik kirim, maka semua teman kamu akan tahu status terbaru anda (seperti shoutbox FS atau ym status).

3. Teman
- Klik disini untuk melihat semua teman anda. Di sebelah kiri ada fitur untuk mengundang teman anda bergabung di Facebook. Di tengah ada fitur untuk menambahkan buku telepon dsb.

4. Pesan Masuk
- Merupakan fitur untuk melihat pesan masuk yang dikirim dari teman sesama Facebook. Ada pesan masuk, pesan terkirim, pemberitahuan, pembaruan serta menulis pesan.

5. Nama Anda
Sama seperti Profil.

6. Pengaturan
- Berisikan pengaturan akun, pengaturan privasi dan pengaturan aplikasi. Disini tempat untuk mengedit Nama asli anda, alamat email, kata sandi (password), mengubah bahasa Facebook, dsb.

7. Keluar
- Klik disini untuk keluar dari Facebook anda (log out). Setiap kali selesai membuka Facebook kamu, jangan sampai lupa untuk klik keluar.

Kelebihan Facebook

1. Tampilannya bersih dan minimalis.

2. Jumlah foto yang bisa diunggah member tak dibatasi oleh Facebook.

3. Dengan menjadi member Facebook, kita bisa mengetahui apa kegiatan kawan kita yang juga menjadi member, dalam rutinitas kesehariannya. Begitupun sebaliknya.

4. Facebook menyediakan fitur Mobile Access dan Mobile Browsing.

5. Proses loadingnya termasuk cepat.

6. Fitur games memungkinkan member Facebook memainkan game tersebut didalam portal. Ini termasuk kreatifitas dan inovasi yang membuat banyak anak sekolah menengah sekarang beralih ke Facebook.

Kekurangan facebook

1. Mail confirmation yang masuk ke bulk pasca proses pendaftaran member, bukannya masuk inbox e-mail pribadi, membuat proses pendaftaran sedikit tidak efisien.

2. Kustomisasi layout-nya sedikit rumit, sehingga bagi yang menyukai penyegaran tampilan secara berkala, proses kustomisasi Facebook ini rasa-rasanya kurang ramah pakai bagi para member.

Tips Aman dalam bermain Facebook:

1. Jangan “menelanjangi” data pribadi anda sendiri di facebook. karena facebook merupakan fasilitas publik.

2. Tetapkan status Anda dan jangan diubah-ubah kecuali atas kesepakatan bersama. Ingat internet adalah public facility sehingga bagaimanapun (cepat atau lambat) teman atau pasangan Anda akan mengetahuinya.

3. Ketika ingin berteman dengan teman sahabat Anda di Facebook, jangan lupakan keberadaan teman Anda yang berperan sebagai penghubung.

4. Jangan curhat dan buka-buka rahasia di Facebook.

5. Kenali Perbedaan antara Wall (tulisan dinding) dan Message (pesan).

6. Apapun alasannya jangan sampai membuat profil palsu karena jika hal ini diketahui teman-teman Anda bisa memberi cap negative.


TAGS Tugas TIK


-

Author

Follow Me